Tujuan Penelitian ini yakni untuk menganalisis tentang pengintegrasian keterampilan abad 21 dalam proses pembelajaran. Hal ini ditinjau dari sisi peran guru dalam proses pembelajaran dan transfer ilmu pengetahuan ke peserta didik. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review atau studi literatur. Sumber referensi yakni dari artikel jurnal, buku dan teori lainnya yang berkaitan. Berdasarkan kajian teori dan analisis dari beberapa artikel dan referensi dapat disimpulkan bahwa keterampilan abad 21 yang harus dikuasai peserta didik yakni Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Komunikasi, Keterampilan Kolaborasi, Keterampilan Kreativitas, Keterampilan Adaptasi, Keterampilan Teknologi. Keterampilan-keterampilan ini penting untuk menghadapi tuntutan zaman sekarang, terutama dalam era revolusi 4.0. Implementasi keterampilan abad 21 dapat dilakukan melalui berbagai pendekatan pembelajaran. Penting untuk mencatat bahwa pengintegrasian keterampilan abad 21 dalam pembelajaran masih menghadapi beberapa kendala, seperti kurangnya pemahaman konsep dan peran keterampilan abad 21, serta kurangnya dukungan dari pihak sekolah dan pemerintah. Oleh karena itu, revitalisasi pendidikan dengan melibatkan semua pihak terkait, termasuk guru, siswa, sekolah, dan pemerintah, perlu dilakukan agar keterampilan abad 21 dapat diajarkan dan diterapkan secara efektif.
Copyrights © 2023