Jurnal Akuntansi Muhammadiyah
Vol 11, No 1 (2020): Edisi Juli - Desember 2020

Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi oleh Utang (Studi pada Perusahaan Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Ermad Mj (Universitas Muhammadiyah Aceh)
Zulkifli Umar (Universitas Muhammadiyah Aceh)
Tarmizi Gadeng (Universitas Muhammadiyah Aceh)
Devi Kumala (Universitas Muhammadiyah Aceh)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh utang. Penelitian ini adalah penelitian sampel, yakni memasukan sebagian populasi ke dalam pengamatan yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Periode pengamatan data penelitian dari tahun 2015-2019 yang berjumlah 35 sampel perusahaan sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Serta dengan 140 elemen pengamatan. Metode analisis yang digunakan adalah moderated regression analysis, dengan pendekatan interaksi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa profitabilitas berpengaruh meningkatkan nilai perusahaan. Utang memoderasi secara homologiser dan memperlemah pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan.Kata Kunci: nilai perusahaan, profitabilitas, utang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAM

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JAM: JURNAL AKUNTANSI Muhammadiyah diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) secara berkala dua Edisi dalam setahun yaitu Edisi Januari-Juni dan Edisi Juli-Desember. JURNAL AKUNTANSI MUHAMMADIYAH adalah untuk menyebar luaskan informasi hasil karya tulis ilmiah kepada ...