Jurnal Manusia dan Lingkungan
Vol 16, No 1 (2009)

APLIKASI PENGOLAHAN POLUTAN ANION KHROM(VI) DENGAN MENGGUNAKAN AGEN PENUKAR ION HYDROTALCIT ZN-AI-SO4

Roto, Roto ( Laboratorium Kimia Analitik, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada, Sekip Utara, Yogyakarta 55281)
Tahir, Iqmal ( Laboratorium Kimia Fisik, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada, Sekip Utara, Yogyakarta 55281)
Sholikhah, Umi Nur ( Laboratorium Kimia Analitik, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada, Sekip Utara, Yogyakarta 55281)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2014

Abstract

Keberadaan logam khrom di dalam sistem perairan bersifat polutan yang harus ditangani dengan baik, dan untuk khrom (Vl) yang sering dijumpai dalam bentuk anion dapat diolah dengan menggunakan mekanisme pertukaran ion. Suatu agen penukar anion telah dibuat berupa senyawa hidrotalsit Zn-Al-SOa melalui proses sintesis, karakterisasi serta dilakukan pula pengujian aplikasinya untuk pengurangan polutant anion khrom (VI) dalam bentuk ion dikromat. Sintesis hidrotalsit Zn-Al-SOa dilakukan dengan metode stoikiometri pada pH 8 dan perlakuan hidrotermal. Aplikasi pertukaran dikromat dengan anion sulfat dalam antar lapis hidrotalsit serta uji regenerasi bahan diamati dengan bantuan analisis struktur dan analisis kinetika reaksi pertukaran. Produk pertukaran ion dikarakterisasi dengan XRD, spektrofotometri IR dan spektrometri serapan atom. Rumus kimia hidrotalsit produk diketahui adalah Zn0,74Al0,26(OH)1,74(SO4)0,13.0,52H2O. Anion dikromat dapat menukar sulfat dalam antarlapis hidrotalsit yang ditunjukkan dalam spektra IR dan pola XRD. Kapasitas pertukaran anion untuk dikromat diketahui 216,84 mek/100 g, sedangkan kinetika reaksi pertukaran ion mengikuti orde dua dengan k = 3 x 10-8 ppm-1.detik-1. Hasil menunjukkan Zn-Al-Cr2O7 dapat mudah diregenerasi. 

Copyrights © 2009