JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Vol 3, No 6 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)

HASIL BELAJAR IPS TERPADU MODEL STAD DAN JIGSAW SMPN 5 BANDAR LAMPUNG

Ully Yulianita (Unknown)
Yon Rizal (Unknown)
Tedi Rusman (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2015

Abstract

The purpose of this research was to find out the differences of IPS students result between students who gave STAD learning model and students who gave Jigsaw learning model. The method of this research was comparative research with experiment approach. The data collecting technique used observation, documentation and test. Based on the result of discussion it can be concluded that the average of IPS students result used STAD learning model is higher than students used Jigsaw learning model.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antara siswa yang diberi model pembelajaran STAD dan siswa yang diberi model pembelajaran Jigsaw. Metode penelitian ini adalah metode penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw.Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran tipe jigsaw, model pembelajaran tipe stad.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education

Description

JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap ...