Jurnal Promotif Preventif
Vol 6 No 4 (2023): Agustus 2023: JURNAL PROMOTIF PREVENTIF

Uji Efek Tumbukan Daun Komba-Komba (Eupatorium Odoratum L.) Terhadap Masa Penyembuhan Luka Sayat Pada Kelinci (Oryctolagus Cuniculus)

Evi Mustiqawati (Politeknik Baubau)
Azanuddin Azanuddin (Politeknik Baubau)
Elisna Elisna (Politeknik Baubau)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2023

Abstract

Komba-komba (Eupatorium odoratum L.) merupakan salah satu jenis tumbuhan yang daunnya mengandung beberapa senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid, tanin dan saponin yang berperan dalam proses penyembuhan luka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efek tumbukan daun komba-komba (Eupatorium odoratum L.) terhadap masa penyembuhan luka sayat pada kelinci (Oryctolagus cuniculus). Luka sayat dibuat di area punggung kanan, punggung kiri atas dan punggung kiri bawah. Daun komba-komba (Eupatorium odoratum L.) ditumbuk menggunakan lumpang dan alu hingga halus, hasil tumbukan daun komba-komba (Eupatorium odoratum L.) ditempelkan pada area luka sayat sebelah kanan dan ditutup menggunakan kasa steril. Digunakan povidon iodin 10% dan ditutup menggunakan kasa steril pada luka sayat punggung kiri atas sebagai kontrol positif. Tanpa perlakuan dan hanya ditutup menggunakan kasa steril pada luka sayat punggung kiri bawah sebagai kontrol negatif. Hasil penelitian tumbukan daun komba-komba (Eupatorium odoratum L.) menunjukan adanya percepatan penyembuhan luka pada kelinci dengan ciri berkurangnya panjang luka hingga menjadi 0 cm. Luka sayat pada kelinci A, B dan C yang diberikan tumbukan daun komba-komba (Eupatorium odoratum L.) sepenuhnya tertutup pada hari kesembilan dan hari kedelapan. Daun komba-komba (Eupatorium odoratum L.) menunjukkan penyembuhan lebih cepat dibandingkan kontrol positif dan kontrol negatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Epidemiologi; Kesehatan Lingkungan; Administrasi dan Kebijakan Kesehatan; Gizi Kesehatan Masyarakat; Promosi Kesehatan; Kesehatan dan Keselamatan ...