Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 4, No 1 (2023)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA V SMAN 2 Takalar (Studi Pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia)

Annisa Tiara Ayu (Universitas Negeri Makassar)
Muh. Yunus (Universitas Negeri Makassar)
Army Auliah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
15 May 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan fase model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIA V SMAN 2 Takalar pada materi pokok hukum dasar kimia. PTK terdiri dari beberapa tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Data hasil penelitian diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar di akhir siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fase-fase model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat pada Persentase peningkatan hasil belajar peserta didik terlihat dari nilai rata-rata peserta didik yaitu pada siklus I 67,22 meningkat menjadi 82,40 sedangkan persentase ketuntasan kelas meningkat dari siklus I yaitu 41,67% menjadi 80,56% pada siklus II. berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIA V SMAN 2 Takalar pada materi pokok hukum dasar kimia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...