JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
Vol 1, No 2: Agustus 2015

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Widodo, Hendro ( Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kualitas pelayanan Program Studi PGSD UAD Yogyakarta; 2) kepuasan mahasiswa Program Studi PGSD UAD; dan 3) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Program Studi PGSD UAD. Desain penelitian yang digunakan adalah desain asosiatif kausal. Populasi penelitian yang digunakan peneliti adalah seluruh mahasiswa Prodi PGSD yang masih aktif pada tahun akademik 2013/2014 yang berjumlah 688 mahasiswa. Sampel penelitian diambil sebesar 25% atau sebanyak 187 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) kualitas pelayanan Prodi PGSD UAD tergolong cukup baik; 2) mahasiswa merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Prodi PGSD UAD; dan 3) terdapat dua dimensi yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Program Studi PGSD UAD, dari lima dimensi kualitas pelayanan yaitu dimensi tangible dan dimensi assurance, sedangkan dimensi reliability, responsiveness dan dimensi emphaty tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Namun demikian, secara simultan dimensi kualitas memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) dengan ISSN : 2356-3869 (printed) e-ISSN: 2614-0136. JPSD mempublikasikan makalah yang berisi hasil penelitian tentang pendidikan dasar, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis, pengajaran sekolah dasar. Naskah akan diterbitkan 2 kali ...