Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon siswa SMP Negeri 1 Motui di Kabupaten Konawe Utara terhadap lingkungan belajar, penggunaan gadget, dan antusiasme dalam belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa, dan 55 siswa di antaranya dijadikan sampel, yang dipilih dengan menggunakan pendekatan proportionate random sampling. (1) Pengaruh penggunaan gadget dan lingkungan belajar memiliki pengaruh langsung terhadap siswa di SMP Negeri 1 Motui Kab. Konawe Utara terhadap minat belajar PAI sebesar 39,7, yang ditunjukkan dengan hasil penelitian yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 17,117 > 3,17 dan nilai signifikansi 0,000<0,05, (2) Motivasi siswa SMP Negeri 1 Motui Kab. Konawe Utara motivasi siswa dalam belajar PAI secara langsung dipengaruhi oleh penggunaan gadget sebesar 12,3, yang ditunjukkan dengan hasil perhitungan nilai sig. thitung > ttabel, yaitu 3,788 > 2,006 dan memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (3) Hasil perhitungan sig. thitung> ttabel, yaitu 3,030 > 2,006 dan memiliki nilai signifikansi 0,004<0,05, menunjukkan bahwa lingkungan belajar berpengaruh langsung terhadap minat belajar PAI pada peserta didik SMP Negeri 1 Motui Kab. Konawe Utara dengan faktor sebesar 14,8.
Copyrights © 2023