Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 3, No 1 (2022)

Analisis Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menegah Atas (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Bondoala)




Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bondoala. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalu metode observasi (pengamatan), metode intervew (wawancara) dan metode dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa sebagai subyek pembelajaran kurangnya pemahaman awal siswa terhadap materi pendidikan agama islam dilihat dari belum bisa baca tulis AlQur’an sehingga tidak bisa memahami dengan baik sebahagian pelajaran pendidikan agama islam, malas untuk melakukan sholat fardhu secara rutin, mengakibatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih tergolong rendah, dilihat dari minimnya kompetensi guru dalam menguasai kelas dan peserta didik, kurang dalam penguasan materi mengakibatkan siswa kurang paham terhadap materi yang diajarkan oleh guru, Minimnya kompetensi guru dalam menggunakan metode pembelajaran, Kurangnya lokasi waktu yang tersedia pada pembelajaran pendidikan agama Islam, serta Sarana dan prasarana pembelajaran di SMA Negeri 1 Bondoala masih terbilang kurang lengkap terkhusus media pembelajaran PAI mengakibatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dirasah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal DIRASAH adalah jurnal ilmiah kajian Kependidikan Islam dibawah pengelolaan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Manajamen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari, kehadirannya ditujukan sebagai wadah aktualisasi karya para akademisi maupun praktisi dengan fokus ...