Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang manajemen boarding school di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kendari dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Objek penelitian ini adalah kepala madrasah, pembina asrama dan guru MAN IC. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta teknik keabsahan data melalui triangulasi data (teknik, sumber dan waktu), perpanjangan pengamatan dan mengadakan membercheck. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: 1) Perencanaan dilakukan pada rapat kerja awal tahun terkait dengan program kegiatan. 2) Pengorganisasian oleh kepala madrasah membawahi lima wakil kepala madasah dan empat pembina asrama. 3) Pelaksanaan kegiatan mulai dari pembagian tugas maupun kegiatan keasramaan dan kegiatan keagamaan. 4) Pengawasan dilakukan langsung oleh kepala madrasah, wakil kepala bidang keasramaan dan pembina asrama, guru piket dan guru asuh. 5) Pada tahap evaluasi dilakukan setiap bulan, penilaian dan evaluasi setiap tahun. Dengan demikian, penelitian ini memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan terutama dalam hal pengelolaan berbasis boarding school, sehingga penelitian ini dapat menjadi rujukan untuk sekolah maupun lembaga lainnya dalam meningkatkan pengelolaan boarding school di maadrasah.Kata kunci: Manajemen, boarding school dan MAN IC Kendari
Copyrights © 2021