Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengidentifikasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Kooperatif dengan media Strip Story pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri Satap 18 Konsel. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Kooperatif dengan Media Strip Story pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri Satap 18 Konsel. Adapun prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, dengan setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang dicapai pada faktor yang diteliti yang berdasarkan hasil awal yang berupa observasi dan wawancara langsung dengan guru Pendidikan Agama Islam, ditetapkan bahwa tindakan yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif dengan Media Strip Story. Dalam penelitian ini, pada setiap siklus tindakan yang telah dilakukan bahwa melalui pembelajaran Kooperatif dengan Media Strip Story. pokok bahasan Kehadiran Islam Mendamaikan Bumi Nusantara dan Meraih Kesuksesan Dengan Optimis,Ikhtiar, Dan Tawakal. Bahwa hasil belajar siswa kelas IX di SMP SATAP 18 Konsel dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari nilai pra siklus sampai siklus II yakni nilai rata-rata pra siklus mencapai 7,3 dengan ketuntasan belajar mencapai 50% dan setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar mencapai 70% dengan nilai rata-rata 77,1. Ketuntasan belajar setelah siklus II menjadi 90% dengan nilai rata-rata 85,7. Adapun peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 40%. Kemudian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus II sebesar 80%. dan siklus I ke siklus II sebesar 28,75%.dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 73.
Copyrights © 2020