Jurnal Intisabi
Vol. 1 No. 1 (2023): September 2023

ANALISIS KOMPARASI TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI (STPPA) BERDASARKAN PERMENDIKBUD NO. 137 TAHUN 2014 DENGAN PERMENDIKBUDRISTEK NO. 5 TAHUN 2022

Yusuf Hidayat (Unknown)
Lela Nurlatifah (STAI Putra Galuh Ciamis)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pilar pertama yang harus diperkuat oleh Pemerintah melalui aturan formal dalam rangka mengoptimalkan potensi anak. Artikel ini bertujuan melaporkan hasil analisis komparasi STPPA berdasarkan Permendikbud No. 137 Tahun 2014 dengan Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa STPPA dalam Permendikbud No. 137 Tahun 2014 dijadikan acuan sebagai kompetensi dasar yang terdiri dari 6 kemampuan dasar meliputi: (1) nilai agama dan moral, (2) fisik-motorik, (3) kognitif, (4) bahasa, (5) sosial-emosional, dan (6) seni. Sedangkan STPPA dalam Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 dijadikan acuan sebagai Standar Kompetensi Lulusan yang terdiri dari 6 kemampuan dasar meliputi: (1) nilai agama dan moral, (2) nilai Pancasila, (3) fisik-motorik, (4) kognitif, (5) bahasa, dan (6) sosial-emosional. Adapun perbedaan STPPA berdasarkan kedua regulasi tersebut adalah pada aspek perkembangan seni yang diganti dengan aspek nilai Pancasila. Hal ini dikarenakan pemberlakuan Kurikulum Merdeka yang bertujuan memperkuat karakter bangsa melalui penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

itsb

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal INTISABI berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, penulisan praktis, dan hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar dan madrasah serta pendidikan anak usia dini. Jurnal INTISABI menjadi wadah bagi peneliti, guru, dosen dan pemerhati pendidikan. ...