VIJJACARIYA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis
Vol 4, No 2 (2017): December 2017

Etika Komputer dan Implikasinya pada Pembelajaran di Era Modern

Heriyanto Heriyanto (STABN Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2017

Abstract

Urgensi etika komputer deism prom pembelajaran adalah bagaimana mempertahankan sosial kemanusiaan melalui pedlaku penggunaan teknoloei secara tenor dengan menjunjung tinggi caracara ihniah dan academic value. Bagaimana etika komputer dan implikasinya dalam pembelajaran di era modem menjadi permaszdahan dalam kajian int. Tujuan kajianĀ  ini adalah mendcskripsikan etika komputer dan implikasinya pada pembelajaran di era modem. Tercapainya tujuan kajian memberikan gambaran nyata penerapan etika komputer beseita implikasinya pada pembelajaran.Kajian inl menggunakan tekals analisis sintesis wacsna, dengan mempertimbangkan unsur teks, konteks. dan wacana. Sapiens yang dilakukan mempakan kelanjutan dari proses analisis dalam upaya mciskonstruksi teks den konteks, dengan menggunakan perbandingan isu-Isu dan fakta dalam rangka menjelaskan implikasi etika komputer pada pembelajaran di era modern. Penelidan terdehulu, kasus, dan data yang didapntlian dari internet menjadl unsur panting dalam memenuht subtansi teks dan konteks. Hasil kapan menggambarkan implikasi etika komputer pada pembelajaran di era modem menyentuh pada beberapa aspek proses pendidikaA yaitu: a) Penetspan kurikulum yang terintegrasi dengan pendidikan etika !computer, b)Kebebasan akademik dengan pemanfaatan komputasi humanisUk dan memperhatikan batasan.batanin sosial, c) Membuat kebijakan dan manajemen untuk penggunaan teknologi dan komputer lam mendukung proses pembelajaran, d) hlemenuhi kebutuhan akses informasi akademik dengan care-card yang benar dan eds. e) Penlaku etis pemanfaatan teknologl digital dan komputer dalam psnerapan melody, strategi. dan pendekatan pembelajaran, sera Q Perilaku etis dalam membuat dan nwnggunakan media pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi digital dan komputer.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

vjpb

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Vijjacariya Journal is a journal that contains Buddhist religious and religious education. The theme raised relates to the Development of Buddhist Education and Education. Vijjacariya journal is published regularly 2 times a year. 1. Development of Buddhist Education and Education 2. Learn and teach ...