VIJJACARIYA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis
Vol 4, No 2 (2017): December 2017

Pengembangan Strategi Pendidikan Anak Usia Dini: Model Pembelajaran Sentra Untuk Mengembangun Multi Kecerdasan (Multiple Intelligences)

Yuriani Yuriani (STABN Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2017

Abstract

Kecerdasan pada manusia tidaklah tunggal seperti selama ini yang dipahami oleh benyak orang. Manusia mempunyai multi kecerdasan (multiple Intelligence) yang terkait dengan fungsi otak yang akan menentukan kualitas kecerdasan seseorang. Optimalisasi kecerdasan dimungkinkan bila sejak usia dini, anak telah mendapatkan stimutasi yangt tepat untuk perkembangan otaknya.Anak usia dini merupakan mahkluk unik yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda, maka intervensi yang diberikan oleh orang dewasapun hams berbeda pula sesuai dengan laju dan kecepatan belajar anak sesuai dengan masa pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu menumbuhkembangkan seluruh potensi yang dimiliki oleh anak. Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan berbagai macam sentra/area yang berbeda untuk menstimulasi berbagai aspek kecerdasan pada anak.Makalah ini menggunakan metode kajian pustaka. Kasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa sentra yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran dan mengacu pada multiple intelligence pada anak usia dint yaitu: a) sentra bahan alam, b) sentra sent, c) serum bermaln pecan sesungguhnya (macro play), d) sentra bermain pecan micro play, e) sentra AA, I) sentra persiapan, dan g) sentra agama.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

vjpb

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Vijjacariya Journal is a journal that contains Buddhist religious and religious education. The theme raised relates to the Development of Buddhist Education and Education. Vijjacariya journal is published regularly 2 times a year. 1. Development of Buddhist Education and Education 2. Learn and teach ...