VIJJACARIYA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis
Vol 5, No 2 (2018): December 2018

Implikasi Psikologi Perkembangan Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini

Muawanah Muawanah (STABN Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2018

Abstract

Tujuan implikasi psikologi perkembangan terhadap pendidikan anak usia diniadalah dapat memberikan rangsangan atau stimulasi pendidikan yang sesuaidengan tahap tumbuh kembang anak usia pra sekolah. Pendidikan anak usiadini_merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yangmenitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan danperkembangan fisik, kecerdasan, sosio emosional, bahasa dan komunikasi,sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anakusia dini. Adapun implikasi psikologi perkembangan terhadap pendidikananak usia dini adalah sebagai berikut: (1) terhadap pengembangan kurikulum;(2) sistem pembelajaran; dan (3) sistem penilaian. Metode yang digunakandalam penulisan ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif studikepustakaan. Diharapkan dengan psikologi perkembangan maka bisamenjadikan proses pendidikan pada pendidikan anak usia dini dapatberkembang dengan baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

vjpb

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Vijjacariya Journal is a journal that contains Buddhist religious and religious education. The theme raised relates to the Development of Buddhist Education and Education. Vijjacariya journal is published regularly 2 times a year. 1. Development of Buddhist Education and Education 2. Learn and teach ...