Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh konsep diri akademik terhadap pengelolaan diri akademik pada siswa Sekolah Menengah Keagamaan Buddha di Tangerang. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan metode eks post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 647 siswa dengan 295 sampel yang dipilih dengan metode proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat hubungan antara konsep diri akademik dan pengelolaan diri akademik (R = 0,578 atau 57,8%) dalam kategori sedang; 2) terdapat pengaruh signifikan dari konsep diri akademik terhadap pengelolaan diri akademik sebesar 0,332 atau 33,2%; 3) persamaan regresi linear sederhana adalah Y = 15,180 + 1,007X, yang menunjukkan bahwa peningkatan 1 poin dalam konsep diri akademik akan memberikan peningkatan sebesar 1,007 dalam pengelolaan diri akademik.
Copyrights © 2019