VIJJACARIYA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis
Vol 6, No 2 (2019): December 2019

Pengaruh Academic Self Concept terhadap Academic Self Management Peserta Didik pada SMA Berciri Buddhis di Tangerang

Mulyana Mulyana (STABN Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh konsep diri akademik terhadap pengelolaan diri akademik pada siswa Sekolah Menengah Keagamaan Buddha di Tangerang. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan metode eks post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 647 siswa dengan 295 sampel yang dipilih dengan metode proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat hubungan antara konsep diri akademik dan pengelolaan diri akademik (R = 0,578 atau 57,8%) dalam kategori sedang; 2) terdapat pengaruh signifikan dari konsep diri akademik terhadap pengelolaan diri akademik sebesar 0,332 atau 33,2%; 3) persamaan regresi linear sederhana adalah Y = 15,180 + 1,007X, yang menunjukkan bahwa peningkatan 1 poin dalam konsep diri akademik akan memberikan peningkatan sebesar 1,007 dalam pengelolaan diri akademik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

vjpb

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Vijjacariya Journal is a journal that contains Buddhist religious and religious education. The theme raised relates to the Development of Buddhist Education and Education. Vijjacariya journal is published regularly 2 times a year. 1. Development of Buddhist Education and Education 2. Learn and teach ...