Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru mengajar, aktivitas siswa, dan hasil belajar materi candi Buddha di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kecil Hampang Kabupaten Balangan yang berjumlah enam orang terdiri dari 2 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Data yang disajikan dalam penelitian ini adalah data kualitatif deskriptif berupa observasi guru mengajar, aktivitas siswa belajar, dan nilai hasil belajar siswa. Data digali dari hasil tes masing-masing pertemuan dengan format penilaian. Analisis hasil tes menggunakan indikator ketuntasan belajar berupa nilai KKM Pendidikan Agama Buddha (PAB) Kelas IV SD Kecil Hampang Kabupaten Balangan, yaitu 80% siswa memperoleh nilai 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kegiatan guru dalam memfasilitasi proses pembelajaran, aktivitas siswa dalam belajar, dan hasil belajar materi candi Buddha di Indonesia kelas IV SD Kecil Hampang Kabupaten Balangan. Peningkatan tersebut terlihat pada pertemuan ke-2 pada siklus II masing-masing variabel berupa kegiatan guru mengajar mencapai nilai 84 dan hasil rata-rata hasil belajar secara klasikal mencapai nilai 92,5 berada di atas nilai rata-rata ketuntasan pembelajaran PAB di kelas IV SD Kecil Hampang Kabupaten Balangan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru hendaknya menggunakan model pembelajaran picture and picture dalam mengajarkan candi Buddha di Indonesia.
Copyrights © 2021