VIJJACARIYA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis
Vol 4, No 2 (2017): December 2017

Konflik Perilaku Keagamaan nomads dan Fundantentalis Guru Agana Buddha

Warsito Warsito (STABN Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2017

Abstract

Dalam menyampaikan mated pelajaran guru agama Buddha perlu menggunakan pendekatan psikologis, sesuai dengan later belakang mereka dan menjelaskan mated pokok secara mendalam, terperinci dan jelas. Kondisi dan situasi saat ini dikatalcan kondisi kurang ideal di mane dalam menyampaikan mated pelajaran kepada siswa berlawanan pandangannya. Guru agama Buddha harus menyesuaikan praktik dan gagasan yang sudah ada, dengan menyampaikan pelajarannya sesuai dengan karakter pendengamya (upaya kausalya) yaitu keterampilan yang bijaksana untuk mengubah cara pandang masyarakat. Pada kenyataannya ada guru agama Buddha yang menjelaskan materi pelajaran yang diarahkan pada sekte tertentu karena pedoman yang dijadikan patokan seorang guru adalah perangkat pembelajaran yang diarahkan pada sekte tertentu pub. Hal ini berdampak pada keberlangsungan pendidikan yakni terdapat siswa yang tidak mengikuti ajaran agama Buddha dikarenakan ajaran yang ditanamkan orang tua berbeda dengan yang diajarkan di sekolah. Penanaman sikap dogmatis tens dilakukan sehingga tumbuh sikap-sikap fundamentalis terhadap ajaran agama.Bila dalam ajaran agama dijelaskan mengenai manusia yang memilki potensi untuk berperilaku balk atau bunk Jika potensi perilaku baik seseorangkarena tidak berkembang (melalui pendidikan), maka perilaku manusia dalam hidupnya akan mengalami kemerosotan sehingga akan timbul perbuatan­perbuatan bun* seperti membunuh, mencuri, bean berdusta dan minum­minuman keras.Agar perbuatan bunk dapat dikendalikan.dalam arti pemenuhannya sesuai dengan ajaran agama, maka potensi berperilaku baik itu harus dikembangkan, yaitu melalui pendidikan agama dad sejak usia dini. Apabila nilai-nilai agama telah terintemalisasi dalam did seseorang maka dia akan mampu mengembangkan dirinya sebagai manusia bermoral, yang salah satu karakteristilcnya adalah mampu mengendalikan did dad pemuasan hawa nafsu yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

vjpb

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Vijjacariya Journal is a journal that contains Buddhist religious and religious education. The theme raised relates to the Development of Buddhist Education and Education. Vijjacariya journal is published regularly 2 times a year. 1. Development of Buddhist Education and Education 2. Learn and teach ...