Penelitian ini bertujuan untuk menilai peningkatan kemampuan mengajar guru, partisipasi siswa, dan hasil pembelajaran materi Candi Buddha di Indonesia menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Subjek penelitian ini adalah enam siswa kelas IV di SD Kecil Hampang, Kabupaten Balangan, terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, melibatkan observasi pengajaran guru, partisipasi siswa, dan nilai hasil belajar mereka. Data diperoleh dari tes di setiap pertemuan dengan menggunakan format penilaian. Analisis hasil tes menggunakan indikator ketuntasan belajar, yaitu nilai KKM Pendidikan Agama Buddha (PAB) Kelas IV di SD Kecil Hampang, Kabupaten Balangan, di mana 80% siswa harus mencapai nilai 65.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and Picture meningkatkan efisiensi guru dalam memfasilitasi proses pembelajaran, partisipasi siswa dalam pembelajaran, dan hasil pembelajaran materi Candi Buddha di Indonesia pada kelas IV SD Kecil Hampang, Kabupaten Balangan. Peningkatan tersebut terlihat pada pertemuan kedua pada siklus kedua, di mana setiap variabel menunjukkan peningkatan. Guru mencapai nilai 84 dalam memfasilitasi pembelajaran, dan nilai rata-rata hasil belajar secara klasikal mencapai nilai 92,5, yang melebihi nilai rata-rata ketuntasan pembelajaran PAB di kelas IV SD Kecil Hampang, Kabupaten Balangan. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan guru-guru dapat mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran Picture and Picture saat mengajar materi Candi Buddha di Indonesia.
Copyrights © 2019