VIJJACARIYA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis
Vol 9, No 1 (2022): June 2022

Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Minat Membaca Terhadap Literasi Informasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Ariya Metta Tangerang

Regga Juniawan (STABN Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Literasi informasi adalah kemampuan seseorang dalam mendapatkan, mengelola dan menggunakan informasi secara tepat, selektif dan efektif. Kemampuan mengevaluasi informasi dan menggunakannya secara efektif serta pemahaman infrastruktur teknologi dalam transfer informasi kepada orang lain. Literasi informasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti penggunaan media sosial dan minat baca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan minat baca terhadap literasi informasi siswa di SMP Ariya Metta Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Responden penelitian ini adalah 141 siswa dari kelas VII sampai IX yang diambil secara acak. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling simple random sampling. Data penggunaan media sosial, minat baca, dan literasi informasi diperoleh melalui penggunaan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh penggunaan media sosial dan minat baca terhadap literasi informasi siswa di SMP Ariya Metta Tangerang dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan sumbangan pengaruh variabel penggunaan media sosial dan minat baca terhadap variabel literasi informasi siswa adalah 98,4%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

vjpb

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Vijjacariya Journal is a journal that contains Buddhist religious and religious education. The theme raised relates to the Development of Buddhist Education and Education. Vijjacariya journal is published regularly 2 times a year. 1. Development of Buddhist Education and Education 2. Learn and teach ...