Sebagai agen pembelajaran, guru memiliki peran strategis dalam pembaharuan dan inovasi pembelajaran dalam mendukung peserta didik mencapai tujuan pendidikan nasional. Esensi scarcities, menjadi tantangan guru dalam membimbing siswa menetapkan pilihan (choice) dengan kebutuhan yang tidak terbatas. Pembelajaran ekonomi sebagai transaksi guru â peserta didik mencapai kepuasan pembelajaran yang maksimal. Penetapan profesi menjadi tantangan guru ekonomi dalam mempertanggunjawabkan sertifikasi pendidik, tunjangan profesi dan pencapaian kompetensi yang dipersyaratkan. Kompetisi Masyarakat Ekonomi Asean membawa implikasi peningkatan kompetensi siswa dengan perangkat pengetahuan, nilai-nilai kehidupan dan ketrampilan yang relevan. Dinamika aplikasi teknologi informasi di masyarakat perlu direvitalisasikan dalam pembelajaran ekonomi yang semakin efektif, efisien dan eficacy.Penguatan guru ekonomi perlu dilakukan melalui organisasi profesi yang berkualitas dan akuntabel.Kata kunci : Guru, profesional, transaksi pembelajaran, efisen, efektif, eficacy
Copyrights © 2015