Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan
2015: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA SMA

Susilo, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2015

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam proses pelajaran Akuntansi  melalui penerapan strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan monopoli pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri I Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Objek penelitian adalah seluruh siswa kelas XII  IPS 1 SMA Negeri 1 Boyolali  Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 42 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran akuntansi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini yaitu penerapan strategi pembelajaran teams games tournament (TGT) dengan media permaian monopoli dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran akuntansi pada siswa kelas XII SMA Negeri I Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1) Keaktifan siswa selama siklus I sebesar 65,99% dan meningkat menjadi 85,03% pada siklus II; (2) Hasil angket respon siswa mengenai strategi dan media yang digunakan pada siklus I dari 42 siswa yang menyatakan sangat setuju 36% dan menyatakan setuju 52%, dan pada siklus II meningkat menjadi 55% siswa menyatakan sangat setuju dan 40,70% menyatakan setuju. ABSTRACT The purpose of this study was to determine the increase in activity of students in the learning process through the implementation of learning strategies Accounting Teams Games Tournament (TGT) with a media monopoly game in Class XII IPS 1 SMA I Boyolali academic year 2014/2015.This study uses a Class Action Research held as much as two cycles in which each cycle passed in four stages, namely: (1) planning actions; (2) implementation of the action; (3) observing the action; and (4) reflection action. The object of research is all students of class XII IPS 1 SMAN 1 Boyolali academic year of 2014/2015 as many as 42 students. This research was conducted in collaboration with teachers accounting subjects. Data collection techniques in this research using observation sheets, interviews, documentation and questionnaires.Results of this research is the application of learning strategy teams tournament games (TGT) with a monopoly of game media can enhance the learning activity in class XII student of accounting at SMAN I Boyolali academic year 2014/2015. This is supported by the following facts: (1) The active participation of students during the first cycle of 65.99% and increased to 85.03% in the second cycle; (2) The results of the student questionnaire responses and media strategies used in the first cycle of the 42 students who stated strongly agree and 36% agree 52%, and the second cycle increased to 55% of students stated strongly agree and 40.70% agree. Kata kunci: pembelajaran teams games tournament, permaian monopoli, keaktifan siswa, akuntansi.

Copyrights © 2015