Pembelajaran melalui laboratorium klinis mempersiapkan mahasiswa keperawatan untuk sedini mungkin tereskpos dengan situasi yang serupa dengan keadaan klinis, sehingga siap menghadapi pasien yang nyata di dunia klinis. Studi ini adalah penelitian fenomenologikal deskriptif Husserlian yang menggali pengalaman mahasiswa keperawatan yang baru dalam pembelajaran di laboratorium. Hasil analisis tematik yang diolah dengan metode Giorgi menunjukkan enam tema besar dari hasil wawancara tujuh partisipan mahasiswa fakultas keperawatan yang baru mengalami praktik keperawatan di laboratorium yang dipilih melalui teknik sampling purposif. Enam tema besar tersebut adalah sindrom baru, pengalaman merawat sebelumnya, resiliensi mahasiswa, keterampilan baru, pengaruh preseptor, ketersediaan fasilitas laboratorium. Institusi pendidikan keperawatan perlu memperhatikan tema-tema ini untuk diintegrasikan dan dibagikan pada perawat pembimbing akademis, laboran, serta mahasiswa itu sendiri dalam pembelajaran sehingga masing-masing dapat menjalankan peran masing-masing untuk peningkatan kualitas mahasiswa keperawatan yang nantinya akan menjadi perawat masa depan. Penelitian berikutnya dapat menginvestigasi pengalaman praktikum pada matakuliah praktikum lanjutan dan yang spesifik (i.e. keperawatan jiwa, dll.) KATA KUNCI: Mahasiswa Keperawatan Baru, Praktik Laboratorium, Pengalaman ABSTRACT Learning through clinical laboratories prepares nursing students to be exposed as early as possible to situations similar to clinical circumstances, so that they are ready to face real patients in the clinical world. This study is Husserlian's descriptive phenomenological research that explores the experiences of nursing students who are new to learning in the laboratory. The results of the thematic analysis processed by the Giorgi method showed six major themes from the interview results of seven participants of nursing faculty students who had just experienced nursing practice in a laboratory selected through purposive sampling techniques. The six major themes are new syndromes, previous caring experiences, student resilience, new skills, influence of preceptors, availability of laboratory facilities. Nursing education institutions need to pay attention to these themes to be integrated and shared with academic supervisors, laboratories, and students themselves in learning so that each can carry out their respective roles for improving the quality of nursing students who will later become future nurses. Further research can investigate practicum experiences in advanced and specific practicum courses (i.e. mental nursing, etc.) KEYWORDS: Lived Experience, Laboratory Practice, Student Nurses.
Copyrights © 2023