Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2023): Edisi Mei 2023

Pendampingan Guru-Guru SMP Dalam Melaksanakan Open Kelas Melalui Pendekatan Lesson study Di Sekolah

Awaludin (Universitas Halu Oleo)
La Misu (Universitas Halu Oleo)
Mohamad Salam (Universitas Halu Oleo)
La Ode Ahamd Jazuli (Universitas Halu Oleo)
Salim (Universitas Halu Oleo)
Hasnawati (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah: memberi pengetahuan dan wawasan kepada guru SMP tentang lesson study beserta perangkat pembelajarannya, Guru SMP dapat melaksanakan opesn kelas menggunakan lesson study, dan Guru SMP dapat menemukan kendala pembelajaran serta cara mengatasinya melalau lesson study. Tempat pelaksanaan kegiatan ini adalah salah satu SMP di Kabupaten Konawe Selatan. Pelaksanaan kegiatan lesson study terdiri atas 3 tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Metode yang digunakan untuk mensosialisasikan program Lesson study di sekolah berupa metode ceramah, metode diskusi, wawancara, dan metode praktek lapangan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah umumnya (72.27%) guru-guru SMP sangat setuju bahwa sosialisasi Lesson study sangat penting diadakan, dan dapat memberikan dampak yang baik bagi pengembangan proses belajar mengajar di sekolah. Ada (81.82%) sangat setuju bahwa Lesson study bermanfaat bagi guru untuk membangun kolaboratif sesama guru bidang studi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat memiliki Online ISSN: 2714-5778 dan Print ISSN : 2746-4733 dengan DOI: 10.36709/amalilmiah Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal ini adalah hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan focus dan ...