Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 1 (2023)

META ANALISIS PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBANTUAN AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Dede Irpan Nawawi (Unknown)
Khusnul Yuliyanti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Tatu Hilaliyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian Meta analisis bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran berbantuan audiovisual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Data dari berbagai jurnal dikumpulkan dan digabungkan untuk mendapatkan kesimpulan secara menyeluruh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri jurnal-jurnal melalui aplikasi Google Scholar. Penelitian ini melibatkan 10 artikel penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji heterogenitas. Selanjutnya, effect size dihitung untuk mengevaluasi sejauh mana penggunaan strategi pembelajaran menggunakan audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Analisis data dilakukan dengan menghitung besarnya pengaruh (effect size). Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran menggunakan audiovisual memiliki dampak besar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Rentang pengaruh berkisar antara 4,33% hingga 36,55%, dengan rata-rata sebesar 13,787%. Hasil penghitungan effect size menunjukkan angka 1,65. Temuan penelitian ini mendukung bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan bantuan media audiovisual mempunyai penting dalam upaya meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian Meta analisis bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran berbantuan audiovisual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Data dari berbagai jurnal dikumpulkan dan digabungkan untuk mendapatkan kesimpulan secara menyeluruh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri jurnal-jurnal melalui aplikasi Google Scholar. Penelitian ini melibatkan 10 artikel penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji heterogenitas. Selanjutnya, effect size dihitung untuk mengevaluasi sejauh mana penggunaan strategi pembelajaran menggunakan audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Analisis data dilakukan dengan menghitung besarnya pengaruh (effect size). Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran menggunakan audiovisual memiliki dampak besar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Rentang pengaruh berkisar antara 4,33% hingga 36,55%, dengan rata-rata sebesar 13,787%. Hasil penghitungan effect size menunjukkan angka 1,65. Temuan penelitian ini mendukung bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan bantuan media audiovisual mempunyai penting dalam upaya meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...