UNITY
Vol 1, No 1 (2010)

KONTRIBUSI ARSITEKTUR KOTA DALAM MENGURANGI EMISI PEMANASAN GLOBAL: PERANCANGAN RUANG PUBLIK BAGI PEDESTRIAN

DWI RINNARSURI NORADUOLA (Universitas Halu Oleo)
SITI ROSYIDAH (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2015

Abstract

Seperlima gas emisi rumah kaca yang menyebabkan terjadinya pemanasan global berasal dari sektor transportasi. Perancangan ruang publik yang nyaman bagi pedestrian merupakan salah satu strategi untuk mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan kendaran bermotor yang dapat menyuplai gas rumah kaca dalam proses pembakaran bahan bakar minyak. Sayangnya, sampai saat ini perancangan dan pemanfaatan ruang publik yang nyaman bagi pedestrian masih belum sesuai dengan harapan yakni terwujudnya pedestrian yang nyaman, produktif dan berkelanjutan, seperti halnya di Kota Kendari. Ketersediaan dan kualitas elemen-elemen ruang publik bagi pedestrian di Kota Kendari, berada dibawah standar, sehingga persepsi pengguna ruang terhadap menunjukkan respon negatif bagi semua elemen, yaitu: dimensi dan desain jalur pedestrian, bahan dan material, parkir, sitting area, vegetasi, retail, lampu dan sanitasi. Oleh karena itu, untuk dapat berkontribusi dalam mengurangi emisi pemanasan global, perlu adanya peningkatan ketersediaan dan kualitas elemen-elemen ruang luar bagi pedestrian, karena hal tersebut dapat mendorong minat pengguna ruang untuk berjalan kaki sehingga mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan kendaraan bermotor. Kata kunci: Pemanasan global, Emisi, Ruang Publik, Pedestrian

Copyrights © 2010