JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
Vol 9 No 2 (2023): JUMLAHKU VOL.9 NO.2 2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI ALBERTA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Iwan Gunawan (Universitas Langlang Buana)
Riska Resti Wulandari (Universitas Langlang Buana)
Agung Cahya Gumilar (Universitas Langlang Buana)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh penerapan model Inkuiri Alberta dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMA. Metode eksperimen dengan desain quasi experimental dijadikan sebagai metode dalam penelitian ini, Sampel dalam penelitian ini dipilih dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes tertulis untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis dan non tes dalam bentuk observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran model Inkuiri Alberta. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan teknik statistik uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan model Inkuiri Alberta. Setelah dibandingkan, peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diterapkan model Inkuiri Alberta lebih baik daripada siswa yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Inkuiri Alberta telah sesuai dengan sintaknya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015 with issue volume 1 number May 1 2015. The period of publication of this journal is every May and ...