Perkembangan Posbindu PTM tidak terlepas dari bentuk pelayanan yang diberikan pada lansia. Jenis pelayanan ini dapat mempengaruhi kepuasan lansia. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui korelasi manajemen Posbindu PTM dengan kepuasan pelayanan lansia pada Kelurahan Sumbersari, Kota Malang. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian merupakan seluruh anggota aktif lansia yang tersebar dalam empat Posbindu dengan sampel penelitian 83 lansia dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Hasil penelitian dari uji kelayakan memiliki hasil dengan nilai 87.2% untuk manajemen Posbindu PTM yang termasuk dalam kategori sangat baik, dalam kepuasan pelayanan lansia memiliki nilai 87.5% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa terdapat hubungan antara manajemen Posbindu PTM dengan kepuasan pelayanan lansia yakni, dengan nilai sig. 0.000<0.05 dan angka koefisien korelasi sebesar 0.710 yang artinya, korelasi diantara dua variabel merupakan korelasi kuat atau taraf hubungan kuat.
Copyrights © 2023