Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 4, No 2 (2023)

Persepsi Santri terhadap Program Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an dalam Menarik Minat Mempelajari Al-Qur’an di Rumah Qur’an Fadhilatun Nashir Kelurahan Bende Kecamatan Kadia




Article Info

Publish Date
04 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk  mendeskripsikan persepsi santri tentang pembinaan baca tulis Al-Qur’an di Rumah Qur’an Fadhilatun Nashir. Setidaknya ada 3 hal yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu; 1) bagaimana program pembinaan BTQ dalam menarik minat mempelajari al-Qur’an; 2) bagaimana persepsi santri RQFN terhadap program pembinaan BTQ dalam menarik minat mempelajari al-Qur’an; dan 3) apa saja kendala yang dihadapi santri dalam menjalani program pembinaan BTQ pada RQFN dalam meningkatkan minat mempelajari al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengolahan dan analisis data dilakukan dalam tiga tahapan analisis yaitu reduksi data, display data, dan pengecekan keabsahan. Hasil penelitian melaporkan bahwa pelaksanaan program pembinaan BTQ dalam menarik minat santri mempelajari al-Qur’an tidaklah mudah, tetapi dilakukan dengan berbagai strategi, yaitu, strategi Nawaitu, metode pembinaan berasas Motto RQFN, dan metode pembinaan sistem halaqah. Persepsi santri RQFN mengenai program pembinaan BTQ dalam menarik minat santri mempelajari al-Qur’an sudah baik karena mampu menarik minat para santri dalam mempelajari al-Qur’an. Kendala yang dihadapi para santri yaitu masih terdapat beberapa santri yang bermain ketika proses belajar sedang berlangsung sehingga mengganggu konsentrasi dari para santri lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dirasah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal DIRASAH adalah jurnal ilmiah kajian Kependidikan Islam dibawah pengelolaan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Manajamen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari, kehadirannya ditujukan sebagai wadah aktualisasi karya para akademisi maupun praktisi dengan fokus ...