Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 4, No 2 (2023)

Interaksi Edukatif Guru dengan Peserta Didik dalam Membentuk Kepribadian Muslim di MTs Karae Kabupaten Buton Selatan




Article Info

Publish Date
04 Nov 2023

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui interaksi edukatif guru dan mengetahui penyebab pendukung dan penghambat interaksi edukatif guru dengan peserta didik dalam membentuk kepribadian muslim di MTs Karae. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi di MTs Karae. Peneliti menggunakan editing, klarifikasi, display, dan verifikasi data, triangulasi yakni triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Peneliti menemukan di lapangan, bahwa (1) Guru melakukan pendekatan kepada peserta didik dengan pembiasaan, motivasi, nasihat, dan keteladan; (2) Guru memberikan materi dengan contoh yang ada di lingkungan madrasah; dan (3) Guru mengarahkan peserta didik agar mengikuti kegiatan di masjid Desa Karae. Faktor penghambat (1) Kurangnya tingkat perhatian dan kosentrasi beberapa peserta didik dalam proses pembelajaran; (2) Orang tua yang sibuk bekerja; (3) Bergaul dengan teman yang tidak baik; (4) Peserta didik kurang percaya diri, dan (5) Sarana prasarana belum memadai. Adapun faktor pendukungnya (1) Pihak MTs Karae mendukung pembentukan kepribadian; (2) Guru membiasakan peserta didik agar bersikap baik dalam menghargai guru, orang tua maupun teman sebaya; (3) Menerapkan disiplin kepada peserta didik dan (4) Peserta didik mengikuti  kegiatan di masjid Desa Karae

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dirasah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal DIRASAH adalah jurnal ilmiah kajian Kependidikan Islam dibawah pengelolaan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Manajamen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari, kehadirannya ditujukan sebagai wadah aktualisasi karya para akademisi maupun praktisi dengan fokus ...