Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pengelolaan Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Kendari. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan isi yang mengacu pada fungsi-fungsi manajemen dengan cara mereduksi setiap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengelola Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Shalahuddin Kendari yaitu membuat perencanaan dengan melibatkan semua personil, membagi tugas pada masing-masing personil, melaksanakan program pengembangan kompetensi peserta didik, melakukan evaluasi terhadap pengelolaan Rumah Tadabbur Qur’an, menfokuskan Pendidikan Al-qur’an Kepada Anak Usia Dini dan Usia Sekolah Dasar, menerapkan Kegiatan Pembelajaran Al-Qur’an Secara Gratis, mempertahankan ciri khas pengajaran Al-Qur’an Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) yaitu metode hafalan “gerak Kaisa”. Faktor pendukung dalam pengelolaan Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Kendari yaitu penyebaran Rumah-rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) di dekat Pemukiman Masyarakat, mempunyai Pengajar yang bersemangat tinggi, partisipasi Orang Tua Peserta Didik yang aktif dan biaya Pendidikan Gratis. Sementara itu, faktor penghambat dalam pengelolaan Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Kendari yaitu sulit menemukan pengajar professional, perilaku peserta didik, bertambahnya rumah-rumah tahfiz Al-qur’an.
Copyrights © 2023