Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2021): Mei

Pengaruh Game Online dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa V Se-Gugus Kasihan Bantul

Nanda Putra Aginsha (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh game online terhadap prestasi belajar siswa siswa kelas V Se-Gugus Kasihan Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei kuantitatif. Hasil penelitiannya menunjukkan: (1) ada pengaruh game online terhadap prestasi belajar siswa kelas dibuktikan dari perolehan nilai thitung > ttabel (3.305 > 1.65723). Nilai signifikansi t untuk variabel game online adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,000 < 0,05). Pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak; (2) ada pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa dibuktikan dari perolehan nilai thitung > ttabel (3.978 > 1.65723). Nilai signifikansi t untuk variabel game online adalah 0.041 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,041 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak; (3) ada pengaruh game online dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dibuktikan dari perolehan nilai Fhitung sebesar 10.292 dengan nilai signifikansi 0.000. Dengan demikian menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel 10.292 >3.07.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

melior

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia memfokuskan untuk menerima riset-risetnya di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini didirikan dengan dasar bahwa para peneliti memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran menjadi lebih baik dari situasi ...