MAXIMA
Vol. 1 No. 1 (2023): MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika

Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning Dengan Media Pembelajaran Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas Viii Mts Al Majidi

Ahmad Sofiyullah (Unknown)
robisha zarifa ribaah (Unknown)
Felisa Asnawi (Unknown)
Ariyaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran probing prompting learning dengan media pembelajaran aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode tes, sedangkan analisis data menggunakan rumus presentase hasil pengamatan dan rumus presentase ketuntasan hasil belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts Al Majidi Selodakon Tanggul pada tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 18 siswa. Terdapat dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu model pembelajaran probing prompting learning dengan bantuan aplikasi GeoGebra sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai siswa pada siklus 1 yaitu 72,2% dan Pada siklus 2 yaitu 100%. Persentase nilai hasil lembar kerja siswa setiap kali pertemuan yaitu 83,3% pada pertemuan 1 dan 100% pada pertemuan kedua. persentase guru dan siswa pada pertemuan pertama yaitu 93,3% Kemudian pada pertemuan selanjutnya meningkat menjadi 100%. sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran probing prompting learning dengan bantuan aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada persamaan garis lurus.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

maxima

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

About the Journal MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika is a peer-reviewed open-access Nasional journal that aims to the sharing, dissemination, and discussion of current trends research results, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, teaching mathematics, ...