INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 1 No. 2 (2023): JUNI 2023

EFEKTIFITAS METODE CERAMAH DAN PEMBELAJARAN TAKSONOMI KOGNITIF SEBAGAI METODE BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SISWA

Riswan (Institut Madani Nusantara (IMN))
Kun Nurachadijat (Institut Madani Nusantara (IMN))



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode ceramah dengan cara menyampaikan pembelajaran menggunakan penyampaian yang baik dan benar dengan metode taksonomi kognitif yang pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisis (analysis), sintesis (synthesis), dan evaluasi (evaluation). Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi MTs dan guru mata pelajaran, Wakil Kepala Sekolah Kurikulum di MTs Azzainiyyah. Analisis data dilakukan saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Berdasarkan pengolahan data yang telah disajikan, maka secara umum dapat ditarik kesimpulan Analisis Metode Ceramah dengan metode taksosnomi dalam pelajaran Al-Qur’an dan Hadist di MTs Azzainiyyah sudah terlaksana dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...