Pandemi Covid-19 yang terjadi di dunia dan di Indonesia telah memporak-porandakan tatanan kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan, politik, budaya, bahkan agama. Penerapan social distancing, physical distancing hingga lock down atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan pergerakan orang dibatasi guna meminimalisir penyebaran Covid-19. Inilah yang menyebabkan berubahnya tatanan kehidupan masyarakat secara keseluruhan. Termasuk sektor pendidikan. Pemerintah kemudian menetapkan kebijakan “belajar di rumah saja” yang antara lain dilakukan secara virtual atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menggunakan teknologi informasi/internet. Dunia pendidikan menghadapi tantangan dalam penerapan Kebiasaan Baru di sekolah, yaitu: 1) Kesiapan SDM; 2) Kesiapan Sarana; 3) Kesiapan Sistem Pembelajaran; 4) Kesiapan Orang tua dan Lingkungan; dan 5) Kesiapan Upaya Membangun Budaya Baru. Untuk itu, hal-hal yang harus dilakukan dalam merespon tantangan tersebut di atas, pemerintah perlu: 1) Menetapkan kebijakan penyelenggaraan pembelajaran di sekolah; 2) Pemetaan kesiapan di sekolah; 3) Perbaikan sistem layanan pembelajaran; dan ke 4) Integrasi oran tua dan sekolah untuk mewujudkan budaya baru yang aman sesuai dengan protokol kesehatan. Dan yang paling penting hal ini juga berpengaruh besar terhadap motivasi belajar peserta didik. Upaya pendidik untuk membangkitkan motivasi belajar peserta didik baik faktor instrinsik maupun ekstrinsik tersebut, perlu diterapkan pembelajaran dan penilaian dengan memanfaatkan aplikasi teknologi digital. Salah satunya adalah Google Form yang disinyalir mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik terhadap pembelajaran PAI dan Budi Pekerti (PAI BP). Maka rumusan masalah dalam penelitian ini, sebagai berikut: “Apakah ada Pengaruh Penerapan Penilaian Google Form dalam Pembelajaran PAI BP terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembiasaan Baru di SMP Negeri 4 Rengat Barat. Penelitian ini digolongkan penelitian lapangan dan jenisnya eksperimen. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif sehingga dalam menganalisis datanya digunakan analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengaruh penerapan penilaian Google Form terhadap motivasi belajar PAI BP peserta didik, yaitu nilai rata-rata motivasi peserta didik sebelumnya adalah 74,28 dan sesudahnya adalah 74,78. Selanjutnya dari hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh t hitung 7,855 dengan signifikansi < alpha 5% yaitu 0,000 < 0,05. Ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran sebelum menggunakan penilaian Google Form dan sesudahnya. Hal ini membuat peserta didik SMP Negeri 4 Rengat Barat lebih termotivasi dalam pembelajaran
Copyrights © 2023