SWADIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol 1, No 01 (2023): SWADIMAS EDISI JANUARI 2023

PELATIHAN PENGEMBANGAN UMKM DI MASA PANDEMI DENGAN OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL

Taufiqurrochman Taufiqurrochman (Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma)
Dhila Franzely Dhimas Putra (Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma)
Jamah Sari (Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma)
Riza Syahrial (Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Small and Medium Enterprises (UMKM) are one of the businesses affected by economic instability during the Covid-19 pandemic. A new strategy is needed for UMKM to survive and be able to develop its business during the Covid-19 pandemic. The existence of restrictions on social activities imposed by the government makes it difficult for MSMEs to run and develop businesses if they only use conventional methods. Responding to problems and overcoming them, online marketing through the media is the right step that must be taken by business actors. Efforts need to be made to provide assistance and training on product branding and digital marketing strategies. Mentoring and training activities are carried out online through Zoom Meetings. The purpose of this community service activity is to improve skills in selling online during the Pandemic in the RT 010/09 neighborhood of Jembatan Besi Village, West Jakarta. This mentoring program was implemented quite successfully, although it was carried out in a limited time.Usaha Kecil Menengah (UMKM) salah satu usaha yang terkena dampak ketidakstabilan ekonomi pada saat Pandemi Covid-19. Diperlukan strategi baru bagi UMKM untuk tetap bertahan dan dapat mengembangkan bisnisnya di tengah berlangsungnya pandemi Covid-19. Adanya pembatasan kegiatan sosial yang diberlakukan pemerintah membuat UMKM sulit untuk menjalankan dan mengembangkan usaha jika hanya memanfaatkan metode konvensional. Menyikapi permasalahan dan mengatasi hal tersebut, pemasaran secara online melalui media merupakan langkah tepat yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha. Perlu dilakukan upaya untuk melakukan pendampingan serta pelatihan mengenai branding produk serta strategi pemasaran online/digital marketing. Kegiatan pendampingan dan pelatihan dilakukan secara daring/online melalui Zoom Meeting. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan ketrampilan dalam berjualan online di masa Pandemi di Lingkungan RT 010/09 Kelurahan Jembatan Besi Jakarta Barat. Program pendampingan ini dilaksanakan cukup sukses, meski dilakukan dalam waktu yang terbatas

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

swadimas

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Fokus utama pada lingkup bidang pengabdian kepada masyarakat antara lain kegiatan pelatihan, Teknologi Tepat Guna (TTG), pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Pengabdian kepada masyarakat berisi berbagai kegiatan penanganan dan pengelolaan berbagai potensi, ...