Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII

Idam Datuela (Universitas Negeri Gorontalo)
Fitri Hadi Yulia Akib (Universitas Negeri Gorontalo)
Abdulrahim Maruwae (Universitas Negeri Gorontalo)
Irina Popoi (Universitas Negeri Gorontalo)
Meyko Panigoro (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Expos facto. Jumlah sampel yang di gunakan sebanyak 30 siswa. Data yang digunakan adalah data primer yang di peroleh dari penyebaran kuesioner pada siswa SMP kelas VIII. Jumlah penarikan sampel dalam penelitian ini sebesar 30 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahawa terdapat Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo adalah sebesar 13,9% dengan demikian dapat di simpulkan bahwa aktivitas belajar siswa dapat di jelaskan oleh kompetensi pedagogik guru yang di terapkan sedangkan sisanyaa di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini..

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...