Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Penerapan Teori Belajar Operant Conditioning

Elsa Safira (UIN Mahmud Yunus Batusangkar)
Wahidah Fitriani (UIN Mahmud Yunus Batusangkar)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penulisan artikel ini memiliki tujuan untuk membahas dan mengkaji tentang analisis teori belajar Operant Conditioning. Teori belajar ini diciptakan dan dibuat untuk sebagai alat yang digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar di setiap sekolah. Teori belajar ini disusun dengan tujuan agar ragamnya teori belajar yang akan digunakan guru pada saat mengajar, selain itu juga untuk mencegah terjadinya kendalah dan masalah yang rentan dialami oleh peserta didik pada saat belajar. Teori belajar Operant Conditioning ini salah satu teori belajar yang efektif digunakan dalam kegiatan belajar, karena hanya teori ini yang menciptakan teori belajar yang memberlakukan system pemberian hadiah dan hukuman, dengan diterapkannya teori belajar ini maka akan dapat memicu semangat peserta didik ketika menerima materi pembelajaran dari guru atau pendidik. Selama ini system belajar masih terbilang kaku dan kurangnya variasi, akan tetapi saat ini sudah banyak ditemukan teori belajar yang sangat mendukung proses belajar dan mengajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...