This research describes the implementation of QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) for streamlining MSME business in Malang City. The QRIS payment method enables business people especially MSME entrepreneurs to record and process customer transaction data. This research applies qualitative phenomenology with the data collected through interviews. The conclusion of this study revealed that the streamlined instrument can be implemented by QRIS as the system facilitates transparency of information space, presentation of real-time process-based sales reports, customer order processing, and customer transaction storing. Abstrak Penelitian ini adalah tentang implementasi QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) dalam rangka streamline bisnis UMKM di kota Malang. Metode pembayaran QRIS adalah sistem yang berfungsi untuk membantu para pelaku bisnis terutama UMKM dalam melakukan pencatatan dan pengolahan data transaksi pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini instrumen streamline dapat di implementasikan oleh QRIS karena sistem tersebut memfasilitasi transparansi ruang informasi, penyajian laporan penjualan berbasis real-time, pengolahan pesanan pelanggan, dan penyimpanan transaksi pelanggan.
Copyrights © 2022