JOSIKOM : Jurnal Online Sistem Komputer
Vol 1, No 1 (2015)

APLIKASI PUZZLE GAME BANTEN BALI BERBASIS ANDROID DENGAN LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM)

Made Arnata, I Gusti (Unknown)
Yulyantari, Luh Made (Unknown)
Budi Adnyana, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2015

Abstract

Puzzle Game merupakan Game teka-teki penyusunan gambar yang teracak, pemain diharuskan menyusun gambar yang teracak agar menjadi gambar utuh dengan menggeser tiap kepingan puzzle ke arah ruang kosong. Puzzle Game ini bertujuan untuk merancang aplikasi game edukasi untuk memperkenalkan banten Bali kepada masyarakat khususnya masyarakat Bali. Dalam pengacakan gambar pada puzzle game memerlukan metode yang digunakan untuk pengacakan. Metode yang paling tepat untuk melakukan pengacakan adalah metode Linear Congruent Method (LCM). Linear Congruent Method (LCM) merupakan metode pembangkitkan bilangan acak yang banyak digunakan dalam program komputer. LCM memanfaatkan model linear untuk membangkitkan bilangan acak. Langkah-langkah dalam pembuatan game ini antara lain analisa sistem, perancangan dan implementasi sistem. Pada tahap analisa sistem dilakukan pembuatan flowchart dan implementasi game ini menggunakan eclipse, kemudian pada tahap perancangan menggunakan Unifieded Modeling Language (UML),  Puzzle game ini bertemakan budaya lokal yang menarik dan sebagai media pembelajaran yang baru untuk memperkenalkan banten bali kepada masyarakat khususnya masyarakat Bali dengan aplikasi game.Kunci : Puzzle Game banten Bali, LCM, Android.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

josikom

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JOSIKOM adalah Jurnal Online Sistem Komputer STMIK STIKOM Bali yang memuat artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dosen dan mahasiswa Program Studi Sistem Komputer STMIK STIKOM ...