Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa
Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa

PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTIK BINA DIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA MODEL MANUSIA UNTUK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN SDLB

Adisty, Noor Citra Pravita (Unknown)
Hastuti, Wiwik Dwi (Unknown)
Kustiawan, Usep (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2016

Abstract

The results of this study showed that the average score on the student’s self-help capability in preaction step was 48.57 with a percentage of 14.3%. This indicated that the capability was under qualified. The implementation of Self-Help capability by using Doll-modeled Human Being Media used two cycles. The first cycle was 66 with total percentage of 28.5% classified into under qualifies. The second cycle was 85.7 with with total percentage of 85.7%. the capability of self-help in the first grade was increasing for each cycle. Based on these results it can be concluded that the use of Doll-modeled Human Being Media can increase Self-Help capability for Students with Mental Retardation in the First Grade. At the result, the teacher are expected using Doll-modeled Human Being Media in learning of Self-Help capability in order students can improve Self-Help capability.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan bina diri siswa pada tahap pratindakan adalah 48,57 dengan persentase sebesar 14,3%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada tahap pratindakan memperoleh kualifikasi nilai sangat kurang (SK). Pelaksanaan pembelajaran praktik bina diri menggunakan boneka model manusia dilaksanakan melalui 2 siklus. Padasiklus I skor rata-rata yang diperoleh adalah 66 dengan jumlah persentase sebesar 28,5%, persentase tersebut termasuk kualifikasi sangat kurang (SK). Pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh sudah meningkat dibandingkan pada siklus I yaitu 85,7 dengan jumlah persentase sebesar 85,7%. Kemampuan bina diri siswa kelas I mengalami peningkatan pada tiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka model manusia dapat meningkatkan kemampuan bina diri siswa kelas I. Dengan demikian guru diharapkan menggunakan media boneka model manusia pada pembelajaran bina diri agar siswa dapat meningkatkan kemampuan bina dirinya.

Copyrights © 2014