Jurnal Mahasiswa
Vol 1, No 1 (2014): Desain Grafis

Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Arab Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al Uswah Bergas

Daniel Rudjiono, Syamsul Aribowo , ( STEKOM)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2014

Abstract

Perancangan media pembelajaran ini bertjuan untuk Memberikan strategi pembelajaran bahasa arab yang baik dan menyenangkan untuk siswa-siswi baru kelas VII di MTs Al-Uswah Bergas dan memberikan alternative media pembelajaran dalam proses belajar mengajar ,sehingga siswa dapat memahami materi dan pembelajaran Bahasa Arab terkesan tidak membosankan Perancangan media pembelajaran ini menggunakan metode pengembangan Siklus hidup sistem (system life cycle – SLC) yang terdiri dari lima tahap yaitu : Tahap Perencanaan, Tahap Analisis, Tahap Rancangan, Tahap Penerapan, dan Tahap Penggunaan. Produk ini ditinjau oleh pembimbing, ahli materi, dan ahli media. Hasil penelitian pegembangan berupa media Pembelajaran interaktif Bahasa Arab Kelas VII Bab 1 tentang perkenalan, Huruf Hijuaiyyah Tajwid dan juga uji kompetensi Bab 1 tentang perkenalan. Didalam materi perkenalan sendiri di buat menjadi enam bagian yang dimana terdiri dari berbagai sub bab materi pengenalan yang dimana media pembelajaran tersebut mengajarkan kosakata, mendengar, percakapan, kaidah, bacaan, menulis

Copyrights © 2014