Nusanatara of Engineering
Vol 3, No 1 (2016)

Implementasi Metode SMART untuk Mengidentifikasi Perkembangan Anak dalam Mengikuti Ekstra

Sukmawati, Restyan (Unknown)
Dewi, Ervin Kusuma (Unknown)
Indriati, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2016

Abstract

Abstrak— Taman kanak-kanak merupakan tempat bermain dan belajar untuk mengembangan minat anak-anak usia dini terhadap sekolah dan pentingnya pendidikan. Setiap anak memiliki karakteristik tersendiri dan perkembangan setiap anak  berbeda-beda baik dalam kualitas maupun tempo perkembangannya. Perkembangan anak bersifat progresif, sistematis dan berkesinambungan. Setiap aspek perkembangan saling berkaitan satu sama lain, terhambatnya satu aspek perkembangan tertentu akan mempengaruhi aspek perkembangan yang lainnya. Taman kanak-kanak Dharma Wanita Jajar memiliki ekstra jam tambah belajar bagi anak didiknya yang kurang mampu mengikuti perkembangan belajar teman-temannya yang di persiapkan untuk masuk ke jenjang pendidikan berikutnya. Pembuatan sistem pendukung keputusan ini bertujuan agar dapat membantu guru taman kanak-kanak dalam mengidentifikasi perkembangan anak untuk keikutsertaan didalam ekstra jam tambah belajar di taman kanak-kanak dengan menggunakan metode SMART. Kata Kunci— SPK, SMART, Identifikasi Anak

Copyrights © 2016