Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan, tingkat validitas, dan respon peserta didik terhadap E-Modul Pendidikan Pancasila bermuatan Profil Pelajar Pancasila pada dimensi Gotong Royong dengan bahasan karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah untuk kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Analisis deskriptif skala Guttman untuk menganalisis data. Kriteria Sugiyono untuk angket ahli dan Riduwan untuk angket peserta didik kemudian digunakan untuk interpretasi. Subjek pada penelitian ini adalah 10 peserta didik kelas 1 SDN Tegal Cabe tahun ajaran 2024/2025. Hasil dari penelitian ini adalah produk pengembangan berupa E-Modul Pendidikan Pancasila kelas 1 sekolah dasar. Berdasarkan hasil validasi produk, dari ahli materi memperoleh skor sebesar 87,1 % dengan kriteria sangat layak, validasi ahli media memperoleh skor sebesar 90,7% dengan kriteria sangat layak, dan validasi ahli bahasa memperoleh skor sebesar 91,4% dengan kriteria sangat layak. Maka, keseluruhan persentase produk memperoleh skor rata-rata sebesar 89,7% dengan kriteria sangat layak, serta respons peserta didik memperoleh skor rata-rata sebesar 98% dengan kriteria sangat baik. Oleh karena itu, E-Modul Pendidikan Pancasila pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 1 sekolah dasar sangat layak dan sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik di kelas 1 SD.
Copyrights © 2024