Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pada kelompok masyarakat produktif yang bergerak dalam bidang usaha pembuatan telur asin. Permasalahan yang dihadapi mitra ini adalah dalam mengembangkan strategi pemasarannya sehingga diperlukan teknik pemasaran baru yang minim biaya, salah satunya yaitu teknik pemasaran secara online melalui akun sosial media. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mensosialisasikan pemanfaatan sosial media dalam pemasaran produk telur asin. Metode kegiatan pengabdian adalah metode ceramah yang dikemas dalam bentuk sosialisasi. Tahapan-tahapan pengabdian dibagi menjadi empat, yaitu tahap observasi, persiapan dan perencanaan, implementasi dan evaluasi. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama satu hari dan dihadiri oleh 20 orang peserta. Selama proses penyampaian materi, peserta menunjukkan antusiasnya dalam mengikuti kegiatan ini. Kegiatan pengabdian ini telah berjalan dengan lancar dan diikuti dengan baik oleh peserta. Melalui kegiatan ini peserta telah mendapatkan informasi tentang kelebihan penggunaan sosial media pada pemasaran, dan gambaran contoh pemanfaatan sosial media untuk pemasaran. Peserta juga telah mendapatkan informasi awal mengenai langkah-langkah dalam melakukan pemasaran secara online. Kehadiran peserta menunjukkan bahwa peserta berkeinginan untuk lebih memahami mengenai pemanfaatan sosial media dalam pemasaran produk telur asin.
Copyrights © 2024