Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 2 (2023): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (November)

Peningkatan Minat Baca melalui Pendekatan Pembelajaran Tematik pada Siswa SDN Kebonsari 1-414 Surabaya

Arida Faizhatus Sholiha (Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya)
Hernik Farisia (Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya)
Jihan Nabilah Zhafirah (Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya)
Aprilia Imroatun Nazhifah (Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Minat baca merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan belajar siswa. Namun, masih banyak siswa di sekolah dasar yang kurang memiliki minat baca.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan minat baca siswa melalui pendekatan pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dan pendekatan dokumentasi yang dilakukan dengan observasi dan wawancara. Penelitian ini menjelaskan beberapa aspek terkait pembelajaran tematik untuk meningkatkan minat baca siswa, seperti pengenalan kata-kata baru dalam konteks yang menyenangkan, penggunaan buku baca yang menarik, penerapan pembelajaran tematik yang variatif, dan peningkatan keterampilan membaca melalui pembelajaran tematik. Penelitian ini juga membahas hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pembelajaran tematik dapat meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini ditulis dengan harapan pembelajaran tematik dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan minat baca siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Dengan pendekatan pembelajaran tematik yang tepat, diharapkan siswa dapat lebih antusias dan terampil dalam membaca, sehingga dapat meningkatkan kemampuan akademiknya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edukasitematik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menerima naskah artikel hasil penelitian yang berkaitan masalah-masalah praktik pendidikan, pembelajaran, dan teknologi pada bidang pendidikan sekolah dasar. Adapun topik-topik yang dapat diangkat, di antaranya sebagai berikut: Inovasi Pembelajaran di ...