Journal of Public Health Innovation (JPHI)
Vol 4 No 02 (2024): Journal of Public Health Innovation (JPHI)

Faktor-faktor yang berhubungan dengan kesehatan mental (depresi) pada Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Aceh

Rahul Yuaridha (Program Studi Ilmu Kesehtan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Aceh)
Hafnidar A. Rani (Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadyah Aceh)
Farrahh Fahdhienie (Program Studi Ilmu Kesehtan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Aceh)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

Latar Belakang: Kesehatan Mental (Depresi) merupakan salah satu masalah kesehatan yang serius di kalangan mahasiswa. Depresi dapat terjadi pada usia berapapun, dan gejala akan terus berkembang dari hari, minggu, bulan dan tahun, secara global masalah depresi pada pelajar masih sangat mengkhawatirkan dan perlu dilakukan perhatian khusus oleh berbagai pihak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kesehatan mental (depresi) pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Aceh Tahun 2023.Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 98 responden.Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 53,1% responden yang mengalami depresi sedang. Dari hasil uji statistik diketahui bahwa terdapat hubungan antara penggunaan media sosial (p-value 0,000), lingkungan (p-value=0,001), pendidikan (p-value 0,002), gaya hidup (p-value=0,005) dengan kesehatan mental (depresi).Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwasanya ada hubungan kesehatan mental pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Aceh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jphi

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Epidemiologi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Kesehatan Lingkungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Ergonomi Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan Ibu dan Anak Kesehatan Reproduksi Hukum kesehatan Gizi Kesehatan Masyarakat Kependudukan Kesehatan Perkotaan dan Pedesaan Pengendalian Vektor ...