Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari kegiatan PPL pada Semester 1 Tahun Ajaran 2023/2024. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber dan data dalam penelitian. Data dianalisis dengan metode pengumpulan data, pengajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan model PBL memunculkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu: (1) Memberikan penjelasan sederhana, (2) Membangun keterampilan dasar; (3) Kesimpulan; (4) Membuat penjelasan lebih lanjut; (5) Strategi dan taktik. Pembelajaran menggunakan model PBL membentuk kemampuan berpikir kritis siswa melalui berbagai interaksi dan tantangan kognitif dengan mekanisme: (1) Stimulasi berpikir analitis; (2) Penerapan konsep dalam konteks nyata; (3) Pengembangan keterampilan penyelesaian masalah; (4) Kolaborasi dan diskusi; serta (5) Evaluasi dan refleksi. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis
Copyrights © 2024