Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 1 (2024): Volume 09 No. 01 Maret 2024

PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN PANJANG PADA KELAS III

Wafiq Azizah Panggabean (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Lailatun Nur Kamalia Siregar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Microsoft powerpoint merupakan aplikasi dari Microsoft office yang mempunyai fitur membuat dan menyajikan presentasi dengan fitur yang menarik sehingga menjadikan lebih aktif dan menarik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint di dunia pendidikan. Hasil uji normalitas nilai Sig. (2-tailed)”pada pretest 0,0001 < 0,05 dan pada posttest 0, 200 > 0,05. Artinya hasil “data yang digunakan dalam penelitian ini telah berdistribusi normal. ”apabilasudah berdistribusi normal maka ”dapat dilakukan analisis uji keefektifan dengan menggunakan Uji N-Gain dan Paired Sampel T-Test. Uji N- Gain atau nilai kualitas tingkat keefektifan media secara keseluruhan yaitu 0,67 dengan kategori “Sedang Selanjutnya” analisis dengan“Uji Paired Sampel T-Test dengan taraf signifikan 0,05.”

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...