Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran TaRL terhadap literasi membaca peserta didik SD. Model penelitian yang diterapkan menggunakan proses pemebelajaran TaRL (Teaching at the Right Level). Model pembelajaran ini dikelompokan berdasarkan level pengetahuannya. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas I sampai kelas IV dengan jumlah peserta didik sebanyak 374 untuk 6 sekolah di SD Kecamatan Monta Kabupaten Bima dan menggunakan teknik total sampling. Untuk mengukur kemampuan literasi membaca peserta didik yaitu dengan cara tes lisan. Kemampuan literasi membaca peserta didik dalam penelitian ini dibagi menjadi lima level yaitu: (1) Level Pemula,(2) Level Huruf, (3) Level Kata, (4) Level Paragraf, (5) Level Cerita. Berdasarkan data yang diperoleh pada level pemula sebesar 100 % peserta didik telah naik level, Pada level huruf sebesar 6% peserta didik telah naik level, kemudian pada level kata sebesar 47% peserta didik telah naik level, sedangkan level paragraf terjadi penambahan peserta didik sebanyak 12 orang, untuk level cerita sebesar 213% peserta didik telah naik level. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran TaRL dapat berpengaruh meningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik dengan persentase sebanyak 78% peserta didik telah mengalami peningkatan level kemampuan membaca.
Copyrights © 2023